Pages

Saturday, January 21, 2017

Klasifikasi enzim

#
Semua enzim diberi nama menurut sistem yang dirancang oleh Komisi Enzim (Enzyme Commission, EC) dari International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), dan berdasarkan pada tipe reaksi yang dikatalisis enzim tersebut.  Setiap tipe enzim mempunyai empat digit nomor EC yang spesifik, serta nama yang kompleks namun jelas dan bisa menepis kebingungan tentang enzim-enzim yang mengkatalisis reaksi yang serupa tetapi tidak identik.  Dalam prakteknya, banyak enzim yang lebih dikenal dengan nama umum, yang biasanya berasal dari nama reaktan utamanya yang spesifik, dengan ditambahkan akhiran –ase.  Beberapa nama umum tidak memiliki akhiran –ase, yang biasanya merupakan enzim yang dipelajari dan diberi nama sebelum klasifikasi sistematik enzim dibuat.
Contoh nama-nama enzim yang lazim yakni arginase, yang bekerja pada arginin;  dan urease, yang bekerja pada urea.  Dua nama umum yang tidak lazim yakni pepsin, suatu enzim proteolitik dalam jalur pencernaan (nomor EC 3.4.23.1);  dan rodanese (tiosulfat: sianida sulfurtransferase, EC 2.8.1.1), yang berada dalam hati dan ginjal mamalia untuk mengkatalisis penghilangan sianida dan tiosulfat dari tubuh.
Digit pertama dalam nomor EC menunjukkan termasuk kelas mana enzim tersebut, dari enam kelas utama yang ada (Tabel 1.1).


 Tabel 1.1.         Kelas-kelas Utama Enzim

Digit Pertama EC
Kelas Enzim
Tipe Reaksi yang Dikatalisis
1.
Oksidoreduktase
Oksidasi-reduksi.  Pendonor hidrogen atau elektron adalah salah satu substratnya.
2.
Tranferase
Transfer gugus kimia dari bentuk umum
A––X + B à A + B––X.
3.
Hidrolase
Pemotongan hidrolitik pada C––C, C––N, C––O, dan ikatan lainnya.
4.
Liase
Pemotongan (bukan hidrolitik) pada
C––C, C––N, C––O, dan ikatan lainnya, meninggalkan ikatan rangkap;  atau alternatifnya yakni penambahan gugus pada suatu ikatan rangkap.
5.
Isomerase
Perubahan penataan geometris (spasial) suatu molekul.
6.
Ligase
Ligasi (menghubungkan) dua molekul dengan mengikutsertakan hidrolisis senyawa yang memiliki DG besar untuk hidrolisis.


Digit kedua dalam nomor enzim EC menandakan sub-kelas; sedangkan untuk hidrolase, digit kedua ini menandakan tipe ikatan target kerja enzim (Tabel 1.2).




Arginase adalah suatu hidrolase yang ada dalam hati organisme penghasil urea (ureoteles).  Enzim ini mengkatalisis reaksi:
  

Nama EC resmi untuk enzim ini adalah L-arginin amidinohidrolase, yang kata terakhirnya berasal dari reaksi pemotongan gugus amidino pada arginin (lingkaran putus-putus dalam persamaan di atas) dengan memasukkan molekul air pada ikatan C––N.  Dalam reaksi, ikatan C––N nonpeptida dipotong, sehingga didapat nomor kedua EC untuk arginase adalah 5.  Nomor klasifikasi lengkapnya adalah 3.5.3.1.
Angka ketiga adalah subklasifikasi tipe ikatan target enzim, atau gugus yang ditransfer dalam reaksi, atau keduanya.  Kategori angka ini bervariasi dari satu kelas EC utama ke kelas berikutnya.  Nomor keempat adalah nomor seri enzim.

0 comments:

Post a Comment